Luar Biasa, Walikota Dumai Bangun Stadion Olahraga

Administrator Administrator
Luar Biasa, Walikota Dumai Bangun Stadion Olahraga
Walikota, H Paisal, SKM, MARS foto bersama pengurus KONI usai peletakan batu pertama pembangunan Stadion Olahraga Kota Dumai

Keberadaan Stadion Olahraga yang menjadi impian masyarakat Dumai sejak lama akhirnya diwujudkan Walikota, H Paisal, SKM, MARS. Tidak tanggung-tanggung, di atas lahan seluas 4,2 hektar di Kelurahan Mundam akan berdiri sarana prasarana olahraga berstandar nasional dan internasional dengan total anggaran sekitar Rp93 Milyar.

WALIKOTA Dumai, H Paisal, SKM, MARS melakukan peletakan batu pertama pembangunan Stadion Olahraga yang kehadirannya sudah cukup lama ditunggu-tunggu masyarakat Dumai. Peletakan batu pertama juga dibarengi dengan pemberian santunan kepada 50 orang anak yatim di Kelurahan Mundam dan Kelurahan Tanjung Palas Kota Dumai, Selasa (30/04/24).

“ Alhamdulillah, sore kemarin kita sudah melakukan peletakan batu pertama tanda mulai dibangunnya Stadion Olahraga Kota Dumai. Impian masyarakat Dumai yang sudah sejak lama ini, insyaAllah akan terwujud dalam tahun ini. Mohon dukungan dan do’a dari segenap masyarakat,” ujar Walikota, H Paisal, SKM, MARS kepada Kupas Media Grup, Rabu (01/05/24) tadi pagi.

Walikota Dumai, H Paisal saat melakukan peletakan batu pertama Stadion Olahraga di Jalan Arifin Achmad Kelurahan Mundam Kota Dumai itu didampingi oleh Kadis Pertanahan dan Tata Ruang Muhammad Mufarizal, Kadis Pariwisata Pemuda dan Olahraga H Nuzerwan, Camat Medang Kampai Agus Gunawan, Kabid Cipta Karya Yomi Iriansyah, Ketua KONI Dumai Agustiawan, Lurah dan undangan lainnya.

“ Keberadaan Stadion Olahraga ini selain untuk peningkatan prestasi, sekaligus menjadi destinasi baru yang mampu meningkatkan perekonomian masyarakat sekitar. Setelah bangunan berdiri dan berfungsi, masyarakat setempat akan menjadi prioritas utama dalam setiap peluang kerja maupun usaha yang ada,” ujar Walikota, H Paisal dalam sambutannya saat peletakan batu pertama Stadion Olahraga Kota Dumai.

Walikota Dumai, H Paisal menjelaskan pembangunan yang dilakukan terdiri dari dua tahap. Sesi pertama yakni pembangunan lapangan sepakbola bertaraf nasional serta running track atletik bertaraf internasional dalam rangka persiapan Kota Dumai sebagai tuan rumah Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Riau mendatang. Kemudian dilanjutkan pemabngunan sesi kedua untuk tribun penonton, gelanggang indoor dan fasilitas pendukung lainnya serta Gedung KONI Kota Dumai.

“ Pembangunan tahap pertama mulai dilakukan minggu kedua Bulan Mei ini dengan anggaran 38 miliar rupiah yang bersumber dari APBD Dumai TA 2024. Untuk pembangunan tahap kedua dialokasikan anggaran sebesar 55 miliar rupiah melalui APBD TA 2025. Stadio Olahraga ini berada di atas lahan milik Pemko Dumai seluas 4,2 hektar,” jelas Walikota H Paisal, SKM, MARS.

Guna memastikan pelaksanaan kegiatan bisa berjalan baik, disampaikan Walikota H Paisal pembangunan Stadion Olahraga itu akan didampingi tenaga teknis dari Dinas Pertanahan dan Tata Ruang serta diawasi oleh Badan Pengawas Keuangan dan Pembangunan (BPKP) serta pihak Kejaksaan.

“ Pembangunan stadion ini diawasi BPKP dan Kejaksaan agar benar-benar berkualitas dan bermanfaat bagi masyarakat. Kita akan gesa pengerjaannya dan ditargetkan pembangunan tahap pertama selesai pada akhir tahun 2024 ini,” ungkap Walikota H Paisal.

Ketua KONI Dumai, Agustiawan ST yang turut hadir pada peletakan batu pertama pembangunan Stadion Olahraga tersebut mengaku bangga dan memberikan apresiasi positif atas kepedulian Walikota Dumai dalam menyiapkan sarana dan prasarana olahraga.

“ Terimakasih Pak Wali, kehadiran Stadion Olahraga Kota Dumai ini akan mendorong lahirnya atlit-atlit berprestasi guna menyongsong Pekan Olahraga Provinsi Tahun 2026 mendatang. Semoga kedepannya atlit kita bisa mempersembahkan prestasi terbaik untuk Dumai Kota Idaman,” ujar Agustiawan.

Hal senada juga diungkapkan Burhan, warga Mundam yang mengaku terharu dengan dimulainya pembangunan Stadion Olahraga Kota Dumai pada zaman kepemimpinan Walikota H Paisal, SKM, MARS.

Apalagi mimpi warga Dumai untuk memiliki Gelanggang Olah Raga (GOR) di Kelurahan Tanjung Palas Kecamatan Medang Kampai sempat kandas pasca robohnya bangunan pagar tembok pada Januari 2018 lalu. Pembangunan tembok dan pematangan lahan tersebut merupakan tahap I pembangunan GOR yang dibiayai oleh Pemerintah Provinsi Riau melalui APBD TA 2017 sebesar Rp 4,8 miliar. Diduga kuat tembok roboh karena proses pematangan lahan yang belum rampung.

“ Alhamdulillah, Pak Paisal akhirnya mewujudkan impian masyarakat Dumai yang sudah sejak lama mendambakan berdirinya Stadion Olahraga,” ujar Burhan.(***)

Penulis
: Faisal Sikumbang
Komentar
Berita Terkini
google-site-verification: google0644c8c3f5983d55.html