Pilkada Dumai 2024, dr Sunaryo Dituding Khianati Poros Baru

Administrator Administrator
Pilkada Dumai 2024, dr Sunaryo Dituding Khianati Poros Baru
Eddy A Moh Yatim dan dr H Sunaryo
Poros baru yang digagas di Pekanbaru untuk menghadapi Pilkada Dumai 2024 sepertinya bakal layu sebelum berkembang. Sejumlah politisi yang ikut dilibatkan dalam "Koalisi Selamatkan Dumai" itu merasa kecewa dengan langkah politik dr H Sunaryo selaku inisiator yang melahirkan Poros Baru tersebut.

POROS BARU yang gaungnya sempat terdengar beberapa minggu belakangan ini terancam mati dini. Kesepakatan untuk melahirkan "Penantang Petahana" di Pilkada Dumai justru berujung kekecewaan.

Pasalnya, Sunaryo selaku penggagas yang menginisiasi pertemuan sejumlah tokoh politik di Pekanbaru itu malah meninggalkan poros baru. Hal itu diketahui setelah fotonya bersama Ferdiansyah, Bakal Calon Walikota Dumai dari Partai Golkar beredar di media sosial.

" Beliau (H Sunaryo,red) yang menggagas Poros Baru di Pekanbaru. Tiba-tiba sudah bersama bakal calon lain. Beliau mengkhianati komitmen yang dibangun bersama," ujar orang dekat Eddy A Moh Yatim kepada Kupas Media Grup, Jumat (07/06/24) di Dumai.

Menurutnya, sikap politik dr Sunaryo itu sangat disesalkan sekali. Padahal pertemuan saat pembahasan Poros Baru tersebut dihadiri sejumlah tokoh politik dan tokoh berpengaruh di Dumai. Saat itu politisi Partai Demokrat, Eddy A Moh Yatim didorong untuk maju di Pilkada Dumai.

" Tapi apapun ceritanya, ada Sunaryo atau tanpa Sunaryo, Bang Eddy Yatim tetap maju di Pilkada Dumai. Sepulang dari Dumai, kita akan berkumpul di Pekanbaru untuk mempertanyakan sikap Sunaryo ini," ujarnya menambahkan.

Eddy A Moh Yatim sendiri sudah mengambil sekaligus mengembalikan formulir pendaftaran Bakal Calon Walikota Dumai di Kantor DPD PAN Dumai, Kamis (06/06/24) tadi malam.

Sebelumnya, Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Amanat Nasional (PAN) Kota Dumai juga sangat menyesalkan pergerakan politik dr H Sunaryo jelang Pilkada Dumai 2024. Politisi PAN yang saat ini menjabat sebagai Anggota DPRD Riau itu dinilai terlalu maju dan tidak menghormati proses penjaringan yang sedang dilakukan partai.

K├Ętua DPD Partai Amanat Nasional Kota Dumai, H Hasrizal mengaku seluruh tindak-tanduk yang dilakukan anggota DPRD Riau, H Sunaryo terkait Pilkada Dumai 2024 adalah tindakan liar diluar kendali partai. Hal itu menjadi catatan khusus bagi PAN untuk nantinya disikapi dan ditindaklanjuti secara kepartaian.

" Itu diluar kendali partai. Pergerakan Sunaryo itu liar. Kita ingatkan jangan terlalu maju, partai punya mekanisme yang mesti dihormati," tegas Hasrizal kepada Kupas Media Grup melalui sambungan telpon dari Jakarta, (04/06/24) lalu.

Ditegaskan Hasrizal, hingga saat ini PAN masih melaksanakan tahap penjaringan Bakal Calon Walikota dan Wakil Walikota Dumai. Proses tersebut sesuai dengan mekanisme yang diatur oleh partai. Segenap kader diminta menghormati proses yang sedang berjalan.

" Kalau hari ini ada yang memberikan dukungan kepada seseorang, dipastikan itu liar. Pasti ada sanksi," tegas Hasrizal.(*)
Penulis
: Faisal Sikumbang
Komentar
Berita Terkini
google-site-verification: google0644c8c3f5983d55.html