PDIP Berpotensi Duduki Kursi Ketua DPRD Riau

Administrator Administrator
PDIP Berpotensi Duduki Kursi Ketua DPRD Riau
Logo PDIP.

Kursi Ketua DPRD Riau yang sebelumnya diduduki Partai Golkar terancam berpindah tangan ke Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) yang berpotensi memperoleh 11-12 kursi pada Pemilu Legislatif 2024. Sebanyak 5 kursi kabarnya disumbangkan dari Dapil Riau V (Dumai, Bengkalis dan Meranti) serta Dapil Riau VI (Siak dan Pelalawan).

BERPOTENSINYA PDIP memenangkan kursi Ketua DPRD Riau itu dikutip dari cakaplah.com sudah diungkap oleh beberapa politisi dan kader PDI P sejak beberapa hari lalu. Malah Ketua DPD PDI Perjuangan Riau, Zukri Misran membenarkan dan menurutnya selangkah lagi potensi itu akan menjadi kenyataan.

"Alhamdulillah iya," kata H Zukri yang juga menjabat sebagai Bupati Pelalawan itu, Jumat (23/02/24).

H Zukri yang sebelumnya pernah menjabat sebagai Wakil Ketua DPRD Riau ini mengatakan dari hitungan internal di partai, PDIP akan meraih maksimal 12 kursi di DPRD Riau.

" Inshaallah 11 sampai 12 kursi," kata Zukri optimis.

Menurut informasi dari berbagai sumber, jika tidak berubah hingga masa penetapan perolehan suara oleh KPU Riau, maka PDIP berpotensi mengantarkan 11 kadernya di DPRD Riau. Sedangkan Partai Golkar diprediksi meraih 9 kursi di dewan. Artinya kader PDIP berpeluang duduk di kursi ketua lembaga legislatif itu.

Besarnya perolehan suara PDIP pada pemilu kali ini datang dari daerah Pemilihan Riau 5 yang meliputi Kabupaten Bengkalis, Kepulauan Meranti dan Kota Dumai. Di dapil ini PDIP diperkirakan meraih 3 kursi. Sedangkan dari Dapil Riau 6 (Kabupaten Siak dan Pelalawan) 'partai banteng' itu diprediksi mendapatkan 2 kursi.

Suplay lima kursi dari dua dapil ini tidak mengherankan sebab dua kepala daerah di dua dapil itu berasal dari Partai PDIP. Masing-masingnya Bupati Bengkalis Kasmarni, dan Bupati Pelalawan H Zukri yang juga menjabat Ketua PDIP Riau.

Dikonfirmasi terkait berpotensinya PDIP menggeser Golkar dari singgasana DPRD Riau, Ketua Bappilu DPD I Golkar Riau, Ikhsan kepada cakaplah.com mengaku pihaknya saat ini sedang menunggu hasil pleno kecamatan. Meski demikian, ia mengakui ketatnya pertarungan dengan partai lainnya untuk kursi DPRD Riau.

" Kami masih menunggu hasil pleno PPK yang insha Allah akan keluar hari ini. Di hitungan internal kita, 10 sampai 11 kursi di DPRD Riau kita dapat. Luar biasa kompetitornya di pemilu kali Ini," kata Ikhsan, Jumat (23/2/2024).(**)

Penulis
: Faisal Sikumbang
Komentar
Berita Terkini
google-site-verification: google0644c8c3f5983d55.html