Pilkada Dumai 2024, Dukungan Paisal 2 Periode Terdengar Nyaring

Administrator Administrator
Pilkada Dumai 2024, Dukungan Paisal 2 Periode Terdengar Nyaring
Tatap muka dan bersilaturahmi menjadi agenda rutin H Paisal, SKM, MARS sejak dilantik menjadi Walikota Dumai hingga saat ini. Tampak salah satu pertemuan Walikota H Paisal dengan masyarakat yang berlangsung akrab dan penuh canda tawa.

Tensi politik jelang Pilkada Dumai 2024 makin meninggi. Dibanyak tempat, pembahasan Pilkada mulai jadi topik utama. Baik di kalangan para elit politik, maupun masyarakat biasa. Layaknya pakar, mereka memaparkan analisa serta prediksi tentang siapa yang berpotensi menjadi pemimpin Dumai lima tahun kedepannya.

PILKADA Dumai 2024 sudah di depan mata. Dinamika dan hiruk pikuknya sudah terasa. Setiap agenda yang tampak maupun tersembunyi mulai dikait-kaitkan dengan politik. Termasuk pertemuan sejumlah tokoh, pejabat publik maupun politisi yang terjadi hari ini. Ditambah lagi penggiringan opini yang lumayan masif melalui media sosial atau dunia maya.

Hanya saja ada fenomena yang lumayan menarik. Petahana, H Paisal, SKM, MARS sepertinya sangat kuat secara politik. Kendati suara-suara yang menginginkan perubahan juga terdengar muncul di tengah publik. Namun gaungnya masih terhimpit dengan nyaringnya dukungan Paisal 2 periode.

Dukungan itu juga buka tanpa alasan. H Paisal, SKM, MARS dinilai mampu merubah wajah Kota Dumai melalui program pembangunan yang telah dilaksanakan. Perbaikan infrastruktur publik mulai jalan, drainase, penerangan dan lainnya, serta peningkatan layanan kesehatan, pendidikan hingga peningkatan APBD Dumai yang sangat signifikan menjadi bukti yang tak terbantahkan.

Belum lagi perhatian terhadap masalah sosial kemasyarakatan melalui bantuan sosial maupun dana hibah yang digulirkan. Pemerintah Kota Dumai di bawah kepemimpinan H Paisal, SKM, MARS benar-benar memberikan perhatian besar untuk hal itu. Kurang lebih 3 tahun masa kepemimpinannya, tidak sedikit rumah ibadah, paguyuban maupun masyarakat kurang mampu yang menikmati bantuan. Termasuk bantuan untuk para petani, peternak, nelayan maupun UMKM guna peningkatan ekonomi masyarakat.

Terbaru, melalui agenda Safari Ramadhan 1445 H telah disalurkan bantuan hibah untuk rumah ibadah sebesar Rp3.575.000.000. Jauh hari sebelumnya bantuan serupa yang disalurkan juga tidak sedikit jumlahnya. Sementara untuk paguyuban, salah satu bantuan yang diserahkan Walikota H Paisal yakni dana hibah sebesar Rp2,8 miliar dan tanah seluas 4,5 hektare kepada Ikatan Keluarga Minang Riau (IKMR) Kota Dumai, untuk Ikatan Keluarga Rokan Hilir (IKROHIL) Kota Dumai Rp1,5 miliar dan sejumlah paguyuban lainnya.

“ Beliau (H Paisal) tidak hanya memberikan bantuan, tapi juga aktif turun bertemu masyarakat. Dan ini bukan hanya dilakukan sekarang, tapi mulai sejak dilantik menjadi walikota. Kalau hari ini dukungan masyarakat tinggi, itu sangat wajar sekali,” ujar pengamat politik, Adrian Hadi kepada Kupas Media Grup, Rabu (24/04/24) siang tadi.

Menurut Adrian, berdasarkan pengamatan yang dilakukannya dukungan kepada H Paisal, SKM, MARS kembali memimpin Kota Dumai untuk periode kedua sangat nyaring terdengar. Terutama di kalangan masyarakat akar rumput, mulai perkotaan hingga pinggiran yang merasakan dampak positif dari pembangunan yang telah dilaksanakan.

“ Masyarakat butuh infrastruktur yang baik, akses jalan, penerangan, kesehatan, pendidikan yang itu hampir sudah semua dilaksanakan. Makanya untuk kesempurnaan, sangat wajar banyak masyarakat menginginkan kepemimpinan Walikota H Paisal dilanjutkan,” papar Adrian Hadi, alumni Universitas Andalas (Unand) Padang ini.

Sementara Satria Martha yang konsen mengamati agenda politik maupun suksesi di Riau melalui media sosial sejak 5 tahun belakangan ini juga mengakui peluang H Paisal SKM, MARS untuk melanjutkan kepemimpinannya sebagai Walikota Dumai periode 2025-2030 cukup terbuka lebar. Hal itu tidak terlepas dari kinerja serta hasil pembangunan yang sudah dilaksanakannya.

“ Kita tidak menafikan, suara-suara yang menginginkan perubahan juga ada. Narasi yang mereka bangun, 2024 ganti walikota. Hanya saja, yang menginginkan Paisal melanjutkan kepemimpinan jauh lebih banyak jumlahnya. Terutama suara dari kalangan masyarakat bawah,” ungkap Satria Martha.

Lebih lanjut disampaikannya, kondisi itu juga mungkin yang memunculkan narasi Paisal bakal melawan “kotak kosong” di Pilkada Dumai 2024 santer terdengar. Sejumlah nama yang sempat digadang-gadang bakal menjadi calon penantang sepertinya banyak yang berpikir ulang.

“ Sejumlah nama yang dulunya sempat muncul, kini pergerakannya mulai meredup. Diantaranya Reza Pahlefi yang berlatarbelakang birokrasi, Said Mustafa mantan Sekda Dumai, dan termasuk dr H Sunaryo yang sempat digadang-gadang bakal jadi lawan berat H Paisal, SKM, MARS. Hari ini juga muncul nama Ketua Golkar Dumai, Ferdiansyah serta Ketua DPC Demokrat Dumai, Prapto Sucahyo. Bagaimana ujungnya, apakah mereka bakal bertanding atau bersanding dengan Paisal, kita lihat saja nanti,” ujarnya sambil tertawa.(***)

Penulis
: Faisal Sikumbang
Komentar
Berita Terkini
google-site-verification: google0644c8c3f5983d55.html