DPP PAN Rekomendasikan H Paisal, Sunaryo Ibarat Makan Buah Simalakama

Administrator Administrator
DPP PAN Rekomendasikan H Paisal, Sunaryo Ibarat Makan Buah Simalakama
H Sunaryo dan H Paisal
Upaya Politisi PAN, dr H Sunaryo untuk menjegal langkah Petahana, H Paisal di Pilkada Dumai 2024 sepertinya bakal gagal. Pasalnya, partai politik tempatnya bernaung justru mengeluarkan rekomendasi dukungan untuk H Paisal, SKM, MARS sebagai Bakal Calon Walikota Dumai di Pilkada Serentak 2024.

TERBITNYA Surat Tim Pilkada DPP PAN nomor: 1015/PILKADA/IV/2024 tertanggal 7 Juni 2024 yang merekomendasikan pasangan Paisal dan Sugiyarto maju sebagai Bakal Calon Walikota dan Wakil Walikota Dumai periode 2024-2029 mementahkan pergerakan politik dr H Sunaryo yang sebelumnya menggalang kekuatan untuk melawan Petahana, H Paisal, SKM, MARS.

SuratRekomendasi Tim Pilkada DPP PAN yang ditandatangani Viva Yoga Mauladi, Yandri Susanto dan Pangeran K Saleh tersebut sekaligus menempatkan dr H Sunaryo pada posisi ibarat " Makan Buah Simalakama". Satu sisi ingin melawan H Paisal. Sementara disisi lain, partai politik tempatnya bernanung justru memberikan dukungan.

" Salah melangkah, kursi Sunaryo di DPRD Riau jadi taruhannya. Segenap kader partai pasti diperintahkan untuk memenangkan jagoan yang mereka usung. Ini bakal menarik kedepannya," ujar pengamat politik, Adrian Hadi kepada Kupas Media Grup, Selasa (11/06/24) tadi siang.

Sebelumnya dr H Sunaryo sejak beberapa waktu belakangan ini diketahui berupaya menggalang kekuatan untuk melahirkan poros baru di Pilkada Dumai 2024. Pihaknya juga menggagas pertemuan tokoh politik dan membangun Koalisi Selamatkan Dumai.

" Tentang siapa yang kita usung, kami sedang melakukan komunikasi politik yang lebih intensif. Yang jelas, calon yang kita munculkan mampu bersaing dengan petahana," tegas Sunaryo dikutip dari voxindonews.com.

Pergerakannya dr H Sunaryo itu sangat disesalkan Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Amanat Nasional (PAN) Kota Dumai yang menganggap Sunaryo terlalu maju dan tidak menghormati proses penjaringan yang sedang dilakukan partai.

Ketua DPD Partai Amanat Nasional Kota Dumai, H Hasrizal mengaku seluruh tindak-tanduk yang dilakukan anggota DPRD Riau, H Sunaryo terkait Pilkada Dumai 2024 adalah tindakan liar diluar kendali partai. Hal itu menjadi catatan khusus bagi PAN untuk nantinya disikapi dan ditindaklanjuti secara kepartaian.

" Itu diluar kendali partai. Pergerakan Sunaryo itu liar. Kita ingatkan jangan terlalu maju, partai punya mekanisme yang mesti dihormati," tegas Hasrizal kepada Kupas Media Grup melalui sambungan telpon dari Jakarta, (04/06/24) malam.

Belakangan, kekecewaan juga dilontarkan para politisi yang sebelumnya didorong maju melalui Koalisi Poros Baru yang digagas oleh dr H Sunaryo. Pasalnya, Sunaryo selaku penggagas yang menginisiasi pertemuan sejumlah tokoh politik di Pekanbaru itu malah meninggalkan poros baru.

" Beliau (H Sunaryo,red) yang menggagas Poros Baru di Pekanbaru. Tiba-tiba sudah bersama bakal calon lain. Beliau mengkhianati komitmen yang dibangun bersama," ujar orang dekat Eddy A Moh Yatim kepada Kupas Media Grup, Jumat (07/06/24) lalu di Dumai.(*)
Penulis
: Faisal Sikumbang
Komentar
Berita Terkini
google-site-verification: google0644c8c3f5983d55.html