Begini Cara Polda Riau Memberantas Penyelundupan Antar Negara

Administrator Administrator
Begini Cara Polda Riau Memberantas Penyelundupan Antar Negara
Luasnya Selat Malaka menjadi potensi bagi para pelaku kejahatan untuk beraksi, khususnya penyelundupan. Baik penyelundupan narkoba, barang-barang ilegal hingga perdagangan orang kerap terjadi di perbatasan negara Malaysia dengan Indonesia, yaitu wilayah Dumai dan Bengkalis, Riau.

UNTUK mengatasi permasalahan ini, berbagai upaya dilakukan oleh pihak kepolisian Daerah (Polda) Riau untuk melawan para pelaku kejahatan lintas negara. Termasuk bekerja sama dengan Polis Kontinjen Malaka.

"Dengan kerja sama ini, saya yakin Polda Riau akan semakin maksimal dalam mencegah dan memberantas peredaran narkoba, penyelundupan barang-barang ilegal dan perdagangan orang di Selat Malaka," ujar Kapolda Riau Irjen Mohammad Iqbal SIK MH kepadakupasberita.com, Jumat (19/05/2023).

Irjen Iqbal menjelaskan, pemberantasan tindak pidana perdagangan orang (TPPO) sejalan dengan komitmen para pemimpin negara ASEAN ke-42 di Labuan Bajo yang berlangsung 6-11 Mei 2023 lalu.

"Beberapa waktu lalu kita telah menggagalkan perdagangan orang di Bengkalis. Ada dua orang yang jadi tersangka, kita akan terus menjaga keamanan dan ketertiban di daratan dan lautan Provinsi Riau," tegas mantan Kabid Humas Mabes Polri.

Selain itu, Polda Riau juga menyita sejumlah pakaian bekas dari luar negeri. Barang bukti tersebut juga dimusnahkan dengan cara dibakar oleh Menteri Perindustrian dan Perdagangan.

Mantan Kasatlantas Polresta Pekanbaru ini tidak ingin ada lagi pelaku kejahatan antar negara di Riau. Apalagi para pelaku memanfaatkan luasnya Selat Malaka dalam melakukan aksinya.

"Untuk itu, saya juga mengundang Polis Kontinjen Malaka agar hadir di Pekanbaru. Kita akan terus menjalin kerja sama ini sekaligus dapat melihat semua potensi Provinsi Riau dari segala aspek," jelas M Iqbal lagi.

Kehadiran Kapolda Riau di Melaka untuk melakukan rapat dan diskusi terkait kerja sama penanganan TPPO, peredaran narkoba dan penyelundupan barang ilegal di Selat Malaka antara Polda Riau, Kapolres di Riau yang berbatasan dengan Selat Malaka bersama pejabat Polis Kontinjen Melaka.***

Penulis
: Mustafa Kamal
Komentar
Berita Terkini
google-site-verification: google0644c8c3f5983d55.html